Line : 0821-3769-8000 Showroom: Pilang Rt 23/IV Masaran, Sragen - Jawa Tengah

Batik cap hampir sama prosesnya dengan batik tulis, sama sama menggunakan malam. Batik cap yaitu batik yang prosesnya menggunakan canting cap. Canting cap bentuknya biasanya kotak, dan didalamnya terdiri dari lembengan tembaga yang membentuk motif motif batik, disesuaikan dengan motif yang diingikan. Adapun ciri khas batik cap jika dibandingkan dengan batik tulis, adalah adanya pengulangan polo/ornamen jika di perhatikan dengan seksama.

Proses pembuatan kain batik cap ini hampir sama dengan batik tullis, yaitu sama menggunakan malam/lilin. Proses pemalaman dilakukan sebanyak warna yang diinginkan. Semakin banyak warna yang diinginkan semakin banyak proses pemalaman. Setelah itu baru di lorot atau melepaskan malam dari kain.
Menurut UNESCO, 2009, batik cap tetap dikateorikan dalam batik asli buatan tangan sebagai warisan budaya dunia, dikarenakan tetap menggunakan malam/lili dalam prosesnya. Biaya produksi akan semakin murah jika pesanan Anda semakin besar / banyak. Tentu saja jika Anda memesan batik cap dalam jumlah 500 meter harganya akan berbeda dengan jika Anda memesan batik cap dalam jumlah 1000 meter. Jumlah lebih banyak, harga pasti lebih murah.